1

RASYA’S STORY

Posted by inaw09 on 26 June 2010 in Cerpen |

Hari ini mungkin hari tersial untuk Rasya karena dia terlambat pergi kesekolahnya  SMA Pelita Harapan gara-gara ngerjain PR Fisika yang susahnya minta ampun semalem suntuk ,apalagi mobil yang biasa di pakenya ke sekolah lagi ada di bengkel terpaksa Rasya pergi ke sekolah pake taxi deh..

Sesampainya didepan gerbang sekolah yang udah hampir ditutup sama pak Suryo salah satu penjaga sekolah, Rasya berlari secepat mungkin agar tidak terlambat untuk masuk kelas.

“Eh..eh pak tunggu..pak” teriak Rasya sambil berlari

“Aduh Non Rasya ,tumben kesiangan biasanya dateng pagi Non?!?!”

“Iya nih pak,gara-gara PR dari Bu Ida , semaleman Rasya ngerjain PR deh..“ jawab Rasya sambil ngebenerin kacamatanya.

“Oh..,Bu Ida guru mata pelajaran Fisika yang judes tapi cantik itu”

“Ya iyalah siapa lagi, udah ah Pak takut Bu Ida udah masuk kelas ,bisa gawat nih..!!!!”

Rasya pun bergegas lari kekelasnya, tapi ditengah-tengah lorong sekolah dia tidak sengaja menabrak seseorang

Bruk..

Suara tubuh Rasya yang terbanting kelantai dan jatuh, kacamata yang di pakainya pun ikut terjatuh.

“Aduh duh sakit ..” Rasya merintih kesakitan sambil megang pantatnya

“Eh.. kalo jalan pake mata ,buta apa lo ?!?!?!“

Tiba-tiba Rasya kaget melihat orang yang di tabraknya marah-marah, ternyata orang yang ditabraknya itu  Dhika anak IPA yang terkenal  paling Perfect di sekolah dan jadi idaman semua cewek.

“Eh.., aduh maaf-maaf nggak sengaja, lo juga sih ngapain ngehalangin jalan orang?? “

“Lo tu ..yang salah lari-lari di lorong sekolah” Dhika marah-marah ke Rasya

“Ah..udah ah ,gue males berantem ma lo bisa-bisa gue telat masuk kelas lagi..!” Rasya pun terus berlari setelah mengambil kacamatanya yang jatuh dan ninggalin Dhika sendirian di lorong itu.

Tak lama kemudian Rasya sampai dikelasnya dan untungnya Bu Ida belum ada di sana, Rasya pun bisa bernapas lega dan duduk dengan tenang di bangkunya

“Pagi Sya!!! tumben banget loe kesiangan???” sapa teman sebangkunya Putri

“Pagi juga!!! nggak tau nih , gara-gara PR Bu Ida pagi ini gue ketimpa banyak kesialan”

“Emangnya ,apa kesialan-kesialan Loe itu??? Kasian amat!!” Putri mengejek

“Ah..Putri capek nih gue,pertama gue kesiangan___ yang kedua____tadi di lorong sekolah gue nggak sengaja nabrak orang nyebelin!!”

“Nabrak Siapa???????”

“Nabrak Dhhhiiika”

“A..a..a..pa??? Dhika loe nggak salah Dhika Rizki Pratama anak IPA itu ,yang cakep itu,yang tajir itu,yang pinter itu, ah Sya yang bener loe ??“

“Ya iyalah emangnya siapa lagi, lagian loe semangat amat ngomongin dia”

“Yaaaaaaaa ampun Sya itu bukan kesialan tapi keberuntungan ampe tujuh turunan kaliiii, masa loe nggak seneng nabrak orang paling cakep di sekolah.”

“Seneng apanya orang ..” sebelum Rasya menyelesaikan pembicaraannya tiba- tiba bu Ida masuk

“Selamat pagi anak-anak!!! “sapa Bu Ida guru yang Killer itu

“Paaagi Bu”

“Kumpulkan PR Fisika kalian SEKARANG, kalau sampai tidak ada yang mengerjakannya akan saya hukum membersihkan WC guru selama seminggu .”

“Ba..ba..ik Bu” anak-anak di kelas langsung mengumpulakan tugasnya itu. Pelajaran pun terus berlanjut sampai bel istirahat berbunyi

*****

Bel istirahat berbunyi________

Rasya, Putri dan temen-temennya yang lain pun pergi menuju kantin , mereka memilih tempat duduk dekat kios kesukaan mereka,

“Bu…milkshakenya satu !!“ teriak Rasya memesan minuman kesukaannya

“Gilaaa.. akhirnya bel istirahat juga..loe semua ada yang bawa charger otak ga??? lobet  deh otak gue pagi-pagi udah dapet seabrek rumus nggak penting dari Guru fisika itu, eh.. loe semua ngeliatin apaan sih ??? kalo orang ngomong tu dengerin tau” Rasya merasa jadi roti kadet gara-gara temen-temennya nyuekin dia.

“Duh .. Sya bisa diem bentaran ngapa, loe nggak liat siapa yang duduk disana “

“Hah..mana..mana ??? gue nggak liat!!”

“Aduh please deh Sya masa orang secakep itu nggak keliatan sih ,loe buta apa, itu..tu..tu..itu ”

temen-temen Rasya ngejek-ngejek dia, sambil nunjuk-nunjuk seorang cowok yang lagi mereka liatin.

“Hah?!?!?! nggak salah masa orang kaya gitu aja pake diliatin segitunya” ternyata yang temen-temennya perhatiin itu Dhika, yang menurut Rasya cowok terjutek dan ternyebelin di jagat raya ini.

“Eh.. kalian tau nggak” tiba-tiba Kimi salah satu teman sekelas Rasya ikut nimbrung

“Tau apa emangnya Kim??” tanya Putri penasaran

“Dhika kan udah punya cewek lohhh!!!, kabarnya sih ceweknya cantik abiss, kaya Miss Universe gitu deh..”jawab Kimi

“Ha..ha..ha yang bener aja !!! gue nggak percaya ,masa cowok jutek kaya gitu bisa punya cewek hwa..ha..ha!!! ga mungkin!!!“ Rasya tertawa terbahak-bahak nggak percaya.

“Eh..Sya, ya nggak anehlah orang Dhika cakep kaya gitu” ketus Putri karena idolanya di ejek-ejek seperti itu.

“Iya deh iya ,terus Kim ceweknya sekolah dimana ??” tanya  Rasya makin penasaran.

“Katanya sih sekolah di sini sih..sama-sama anak IPA kok, terus sekelas sama Dhika  ehmm..kalo nggak salah namanya Lisa Arianty Putri” jawab Kimi lagi

“HAaaHAaaa____namanya aja Lisa kaya nama Lukisan aja!! Apa tuh yang di buat ama Leonardo Da Vinci??? Ah…MiniLisa?? iya tuh Minilisa..HAaaHAaaa_____” Rasya mulai nyeloteh ga karuan

“Hehehehe…duh..Sya!!! Bukan MiniLisa tapi MonaLisa tau!!! Loe pinter-pinter ternyata bego juga soal Seni” Jawab Putri

“Ya maap..orang Pinter juga kadang bisa bego kali!!! Hehehe..”

“Eh..tapi ya, kabarnya cewek Dhika tuh orangnya jutek ama angkuh  banget tau!!! Ga banget deh..Dhika tuh cocoknya ama gue.. ya ga?? Gue kan cantik, imut, lucu ” Putri lagi Promosi.

“Sekalian aja Rajin menabung..ga sombong dan bla..bla..bla!!!! ga ampe segitunya banget kali, tapi mereka berdua emang cocok lagi, sama-sama jutek, angkuh, so lagi..Cocok lah!!!”

“Ih…kalo gue sih mendingan sama temennya Dhika aja!!! Dava…walaupun dia genteng nggak kalah deh sama Dhika yang Mahadaya itu!!! Dava kan baik banget ama cewek” jawab Kimi nggak mau kalah.

*****

Bel pun berbunyi kembali tanda sudah harus kembali ke kelas  dan memulai pelajaran kembali.

“Aduh milkshake gue belum abis nih ,loe semua sih ngegosip mulu”

Rasya ngomel gara-gara milkshakenya belum habis

“Udah , ayo..!!! keburu pelajaran dimulai nih” Putri mengajak Rasya supaya cepat ke kelas.

“Iya..iya “ sewaktu Rasya berbalik , kembali kesialan menimpanya milkshake yang dia pegang tumpah dan mengenai baju Dhika yang sedang lewat di belakangnya

“Aduh..sial amat sih gue!!!”gumamnya “Eh..maaf-maaf gue nggak sengaja” Rasya minta maaf sambil mengelap baju Dhika dengan saputangannya, semua orang yang berada di kantin terus ngeliatin mereka termasuk Putri yang kaget karena Rasya nabrak gebetannya

“Loe lagi ..loe lagi nggak bosen apa loe nyari masalah sama gue!!!!” bentak Dhika yang terlihat sangat kesal pada Rasya

“Yey..siapa lagi yang mau nyari masalah sama cowok kaya loe, masih untung gue mau minta maaf “

Rasya pun kesal lalu meninggalkan Dhika bersama teman-temannya dan menarik tangan Putri menuju ke kelas.

Sesampainya di kelas Putri dan Rasya duduk kembali ketempat mereka

“Sya loe bener-bener beruntung hari ini dua kali di bentak-bentak sama cowok se-cakep itu “

“Ya..ampun Put ,itu sih bukan keberuntungan tapi kesialan tau “

Pelajaran pun dimulai kembali tetapi Rasya tetap menyimpan kekesalannya pada cowok yang bernama Dhika itu karena kejadian waktu istirahat tadi.

*****

Ting_____ting____tinggg____

Waktu pulang pun tiba, Rasya bergegas pulang kerumahnya karena Papanya akan pulang hari ini dari Jerman. Papa Rasya, Rudi Aghata Wiranatakusumah memang seorang pengusaha Textil yang ulet dan tekun, maka tidak salah bila usahanya sudah berkembang sampai ke mancanegara.

Rasya pun sampai didepan rumahnya, Rasya senang mobil Papanya sudah terparkir di depan rumah dan sedang di cuci sama Mang Udin supir pribadi Papanya, itu berarti Papanya sudah ada di rumah ,karena penasaran Rasya bertanya pada Mang Udin

“Mang Udin Papa udah pulang -belum???”

“Tuan sudah pulang Non, sedang ngobrol sama Nyonya didalam “jawab Mang Udin

“Hore…!! makasih yahhh Mang , Rasya kedalem dulu .. kali aja Papa bawa oleh-oleh buat Rasya” Rasya loncat-loncat kegirangan.

“Silahkan non”

Ketika Rasya sampai di ruang keluarga dia melihat Papa dan Mamanya sedang sibuk membicarakan sesuatu yang sepertinya sangat penting. Rasya makin penasaran lalu dia pun menghampiri Papa & Mamanya

“Papa-Mama.., Rasya pulang!!!”

“Eh.., Anak Mama yang cantik udah pulang!! Gimana tadi sekolahnya ??”

Rasya memeluk Papa dan Mamanya

“Lancar-lancar aja kok Ma”

“Bagus ,anak pintar “ Papa Rasya memujinya

“Ya iyalahhh.. Rasyaaa,Eh..Pa-Ma lagi ngomongin apaan sih keliatannya serius banget”

Muka Papa dan Mamanya Rasya langsung berubah serius,

“Sya.., sini sini Nak” ajak Papanya agar Rasya duduk di dekatnya

“Ada apa sih Pa-Ma??? jangan bikin Rasya penasaran deh..Papa punya kejutan buat Rasya ya..??? ” Rasya bertanya karena penasaran.

“Bukan!!! begini Sya ..,Papa dan Mama berniat menjodohkan kamu sama anak teman bisnis Papa ” Mama Rasya langsung bicara terus terang .

“ A…A…APA..!!!!!” mulut Rasya mangap saking kagetnya

“Bukan maksud Papa sama Mama mempermainkan perasaan kamu Sya.., tapiiii.. Papa dan Mama banyak sekali  hutang budi sama teman Papamu itu “ Mama Rasya menambahkan

“Kamu ingat waktu kamu masih kecil ,Usaha Papa sempat akan bangkrut tapi karena bantuan teman Papa itu ,kita tidak jadi bangkrut dan malah kamu lihat sekarang usaha Papa semakin berkembang pesat, bukan” Papa Rasya menjelaskan alasannya.

“Tapikan Pa..Ma.. INI BUKAN ZAMAN SITI NURBAYA LAGI, terus Rasya kan masih ingin nerusin sampai kuliah ,masa belum apa-apa udah nikah!!!” Rasya berusaha mencari alasan untuk menolak perjodohan itu .

“Rasya .., kamu kan bisa kuliah sambil jadi ibu rumah tangga, lagian kamu kenal kok sama calon suami kamu itu soalnya dia sesekolah sama kamu “ Mama Rasya berusaha membujuknya.

“HAHHH!!!! Tapi..Tapi..kan”

“SUDAH CUKUP..!! Papa akan tetap menjodohkanmu walaupun kamu tidak setuju” Papa Rasya membentaknya

“PAPA SAMA MAMA TEGA  SAMA RASYA_____!!!!!!!”

Rasya pun langsung lari kekamarnya , sambil melepas kacamatanya perlahan –lahan Rasya pun mulai menangis . Semalaman Rasya mengurung dirinya dikamar dan tidak mau berbicara dengan siapapun termasuk Papa dan Mamanya .Bahkan Rasya tidak menyentuh sama sekali makan malam yang diletakkan Mamanya di depan pintu kamar Rasya.

Pagi harinya Rasya berangkat pagi-pagi sekali kesekolah memakai mobil HONDA JAZZnya yang baru selesai di servis di bengkel, Rasya tidak mau sampai mendengar omongan Papa Mamanya tentang perjodohan itu lagi . Sampai di gerbang sekolah yang masih di kunci, Rasya membunyikan Klakson mobilnya

Titt____tittt____

Tak lama kemudian Pak Suryo pun muncul lalu membukakan gerbang itu,

“ Non Rasya datengnya pagi bener, kapok ya… kesiangan kaya kemaren” ejek Pak Suryo

“Nggak kok Pak .., biasa aja” jawab Rasya walaupun mukanya rada murung

“ Euleuh..euleuh Non mukanya murung bener , Lagi punya masalah yah Non????”

tanya Pak Suryo melihat wajah Rasya yang Murung dan tidak bersemangat itu.

“ Iya nih Pak.., Masalah sama Papa dan Mama!! “

Tetapi tak lama kemudian ada mobil di belakang Mobil Rasya yang tidak henti-hentinya membunyikan klakson mobilnya, ketika Rasya dan Pak Suryo sedang ngobrol.

Tittt___titt___tittt____

Karena tidak sabar orang yang ada di belakang mobil Rasya pun keluar dari mobilnya sambil marah-marah,

“Heh… mobil loe bisa di singkirin nggak, mobil gue mau lewat tau nggak sihh..” Orang yang keluar dari mobil itu ternyata Lisa, ceweknya Dhika dengan lagaknya yang sok centil dan sifat juteknya itu.

“Iya iya bentaran ngapa, nggak liat apa gue lagi ngomong sama Pak Suryo!!”

sentak Rasya nggak mau kalah

“Ngobrol sih..ngobrol tapi ini bukan tempatnya please deh..Emangnya ini gerbang nenek moyang loe APA!!!” balas Metha

“Udah Non Rasya nggak usah di ladenin lagi” Pak Suryo membela Rasya

Akhirnya Rasya pun segera masuk kesekolah dan memarkirkan mobilnya. Saat Rasya sampai dikelasnya yang masih kosong tiada satu orang pun itu, Rasya langsung ke kantin sekolahnya maklum saja karena datang pagi sekali Rasya tidak sempat sarapan pagi dirumah.

“Bu Nasi goreng sama teh hangatnya SATU!!”

Rasya mulai melamun sambil memikirkan bagaimana tampang orang yang akan di jodohkan dengannya, Apakah tampan atau jelekkah tetapi menurutnya pasti tajir abiss karena bisa sampai meminjamkan modal ke Papanya yang seorang pengusaha Textil yang sukses sekarang.Tapi tiba-tiba ada yang menepuk pundaknya dari belakang ,

“Eh.. ngelamun aja loe ,nanti kesambet lohhh”

Setelah menoleh betapa kagetnya Rasya karena yang ada di belakangnya Dava teman musuh bebuyutannya Dhika .Sontak Rasya marah pada Dava

“ Mau apa loe nyamperin gue ,mau ngebales perlakuan gue kemarin sama temen loe hahh…”

“Ah..nggak, gue cuman mau kenalan aja sama loe..bolehkan ??” Dava mengajak berkenalan

“Hah.. ada angin apaan nih..,pake mo kenalan segala????”

“Kenalin gue Dava Abdi Dwiguna” sambil mengulurkan tangannya

“Gue.., Rasya..Rasya Shaila Rustiya” menyambut uluran tangan Dava

“Oh.. Rasya , gue salut banget sama loe…berani ngebentak seorang Dhika” Dava duduk di samping Rasya.

“Biasa aja kali.. orang dianya aja yang sok,gue udah minta maaf malah di bentak,Ups..!!! sorry gue ngejelek-jelekin temen loe tapi emang kenyataannya kan “

“ Maklumlah dia kan nggak sempet dapet kasih sayang nyokapnya sejak kecil ,jadi wajarlah wataknya keras “ Dava menjelaskan panjang lebar

“HAH!!! Yang bener loe gue baru tau orang kaya dia udah nggak punya nyokap” Rasya kaget tak lama kemudian

pesanan Rasya pun datang

“Eh .. Dav makan “ Rasya menawarkan Dava makanan

“Ah..nggak makasih Sya, udah kok tadi di rumah”

“Oh.. ya udah gue abisin aja nih..” Rasya makan dengan lahap sekali maklum dia tidak makan dari tadi malam .

“Sya .., gue ke kelas dulu yah.. kali aja Dhika udah dateng”

“ Ya..sana gih.. nanti dia marah lagi.. temennya ngobrol sama musuh bebuyutannya he..he..” jawab Rasya sambil terus memakan nasi gorengnnya.

Dava pun pergi kekelasnya , tak lama kemudian Rasya sudah selesai makan lalu dia pun bergegas menuju kekelasnya. Saat dikelas Rasya melihat temannya Putri baru saja datang karena tidak sabar Rasya langsung menceritakan Perjodohannya itu kepada Putri ,betapa kagetnya Putri mendengar apa yang di ceritakan Rasya.

“Hahhhh…, Sya loe nggak boongkan ?!?!?!” Putri heran dan kaget karena tidak percaya teman baiknya akan di jodohkan

“ Ya.. ampun Put, ngapain coba gue boong soal masalah serumit ini“ tampang Rasya makin kusut

“Oke..oke !! terus kamu kenal sama calon kamu itu ???”

“Kata nyokap gue …gue kenal banget sama dia “ Rasya menjawab pertanyaan temannya itu

“Terus-terus apalagi???”

“Terus yang paling parahnya dia sekolah disini juga lagi”

“Apa..?!?! nggak salah loe, terus siapa namanya dan kelas apa lagi?? Kali aja gue kenal ama calon loe itu” Putri semakin penasaran dengan calon suami temannya itu.

“Mana gue tau , soalnya nyokap gue cuman ngasih informasi segitu doang..”

Rasya makin lemas menjawab pertanyaan temannya Putri

“Ih..calon suami loe misterius amat sih, bikin gue penasaran ajaa!!”

“Calon suami apaan..Udah ah males gue ngebahas hal itu“

Ting______tinggg_______ting_____

Bel masuk pun berbunyi, pelajaran pun di mulai ,kebetulan hari ini ada pelajaran Kimia, pelajaran faforit Rasya dan hari ini ada pengumuman peserta yang lolos seleksi Olimpiade Kimia yang di ikuti Rasya.

Saat Guru mengumumkan, Rasya terpilih sebagai wakil dari SMA Pelita Harapan bersama satu orang dari kelas lain yaitu Dava .Betapa kaget dan tidak menyangkanya Rasya bisa masuk  grup Olimpiade Kimia bersama Dava orang yang mengajaknya kenalan tadi pagi di kantin.

“Hore..!! akhirnya gue bisa lolos seleksi juga walaupun bareng temannya Dhika nggak masalah sih !! dari pada sama Dhikanya.. Ih amit-amit deh gue” pikir Rasya

“Selamat ya.. Sya loe bisa lolos seleksi “ Putri memberi ucapan selamat dan memeluk temannya itu

“Eh..tapi aneh deh ..!! masa seorang Dhika yang IQnya diatas rata-rata bisa nggak lolos sih ???? “ Rasya mulai bertanya-tanya kenapa Dhika bisa nggak lolos seleksi

“ Iya..ya ???? masa idola gue bisa kalah sama loe sih !! ,terus Kenapa malah temennya yang kepilih, si Dava??” Putri pun ikut merasa aneh

“ Eh.. loe-loe pade jangan aneh dulu, pantes aja Dhika ngundurin diri ikut Olimpiade Kimia orang enemynya kepilih juga ??” tiba-tiba Kimi menjelaskan apa yang menyebabkan Dhika tidak ikut

“APA…. ngundurin diri !!! yang bener loe Kim ,gara- gara gue??” sontak Rasya kaget Dhika ngundurin diri karena dia.

“Ya..iyalah kalo sesama enemy di satuin bakal ribetkan jadinya bisa perang dunia ketiga nihh.., maka dari itu Dhika nunjuk temennya Dava buat ngegantiin dia di Olimpiade Biologi tingkat SMA nanti” Kimi menjelaskan panjang lebar

“Pantes aja ..idola gue yang IQ nya diatas rata-rata bisa kalah sama loe Sya” Putri membenarkan penjelasan Kimi

“Tapi untung aja ,dia ngundurin diri kalo nggakkan gue yang bakal ngundurin diri, bukan dia” Rasya merasa beruntung karena tidak jadi se-grup Olimpiade sama Dhika.

Pelajaran terus berlanjut sampai bel istirahat berakhir. Mereka pun akhirnya pulang termasuk Rasya tapi ketika di tempat Parkiran dia bertemu dengan Dhika dan Lisa yang lagi sibuk pacaran,

“ Eh..kayanya ada yang lagi seneng nih kepilih olimpiade ya nggak Yang,dia kira bisa ngalahin kamu padahalkan kamu yang terlalu baik ngasih kesempatan sama itu orang” Lisa mulai nyepetin Rasya sambil menatap dengan tatapan sinis

“Eh..apa maksud loe hahhh.. pake nyepetin gue segala !!” Rasya merasa Lisa dan Dhika nyepetin dia

“Oh..ternyata loe ngerasa juga hah…!! gue kira loe nggak punya nyali ngakuin itu” Dhika ikut nyepetin Rasya

“Ya..iyalah siapa lagi yang ikut olimpiade itu disini, lagian loe emang terlalu Pengecut atau bego yah..ngasih kesempatan sama gue,enemy loe ini ” Rasya berbalik nantangin Dhika

“LOE..” tangan Dhika mulai dikepalkan dan mukanya sudah terlihat merah tanda dia geram dan marah pada Rasya

Rasya langsung masuk kedalam mobilnya agar tidak mendengar ocehan enemynya bersama cewek kesayangannya itu

“Gue duluan…da..dah orang bego yang Pengecut..Hwa…Ha..ha..!!!” Lalu Rasya pun pergi sambil melihat wajah musuhnya itu yang mulai jengkel dengan perkataan Rasya.

“Sya …awas loe!!tunggu balesan dari gue” Dhika berteriak akan membalas perkataan Rasya

Tak lama kemudian Rasya sampai dan masuk kerumahnya tetapi Rasya merasa  aneh karena rumahnya sedang di rapikan dan makanan ditata rapi di atas meja makan padahal Papa dan Mamanya juga Rasya tidak berulang tahun atau merayakan apapun juga.Karena penasaran Rasya bertanya pada pembantunya Bi Surti

“Bi..kenapa banyak banget makanannya emangnya mau ada acara apaan sih???”

“Aduh maaf Non, Bibi.. juga nggak tau Bibi cuman di suruh Tuan dan Nyonya nyiapin makanan yang spesial dan lain dari biasanya untuk malam ini “jawab BiSurti

“Oh..ya udah Rasya tanya aja sama Mama,terusin aja Bi pekerjaannya”

“Baik, Non”

Rasya pun pergi mencari-cari Mamanya

“Ma..Mama Rasya pulang ,Mama dimana sih..??”

“Ada apa Sya ..Mama lagi sibuk didapur “

Rasya pun langsung menghampiri Mamanya dan menanyakan buat apa makanan sebanyak itu,

“Ma..makanan itu bukan buat nyogok Rasya kan, biar Rasya mau di jodohin”

“Eh..anak Mama jangan geer dulu,makanan itu selain buat kita sekeluarga juga buat temen Papa beserta calon suami kamu itu”

“Hah..Mama nggak salahkan, Rasya kan belum bilang SETUJU soal perjodohan ini kenapa pake ngundang mereka segala sih… Mama.. mama!!!”

“Sya..kamu nggak denger kata Papa kemarin, kamu akan tetap DIJODOHKAN”

Aduh mati deh gue” pikir Rasya dalam hatinya

“Udah sana jangan ganggu Mama lebih baik kamu siap-siap keburu tamunya datang”  suruh Mama Rasya

“Yah ..Mama” Rasya mulai lemas membayangkan bagaimana nanti kalau dia bertemu dengan calon suaminya itu.

Akhirnya Rasya pun pergi kekamarnya di sana sudah ada penata rambut beserta Fashion desainer langganan Mamanya .Kurang lebih selama dua jam Rasya di dandani, kacamatanya di lepas dan diganti dengan lensa kontak, rambut yang biasa di ikatnya pun malam ini terurai dengan indah, selain itu Rasya pun memakai gaun berwarna hitam yang senada dengan kulit putihnya. Tanpa di sadari Rasya, ketika dia sedang bersiap-siap teman Papanya beserta calon suaminya itu datang. Mereka datang menggunakan mobil sedan berwarna Hitam terlihat dua orang turun dari mobil itu, salahsatu diantara mereka memakai Jas hitam berdasi dan terlihat seumuran dengan Papa Rasya sedangkan yang satu lagi memakai kemeja hitam dan terlihat sangat gagah dan elegant kira-kira seumuran dengan Rasyalah.

“Selamat datang, Pak Harry.. silahkan masuk anggap saja rumah sendiri,Ayo nak mari-mari” sapa Papa Rasya menyambut temannya dan calon suami Rasya itu.

“Terima kasih, Apa kabarnya Pak Rudi dan Bu Lala” teman Papa Rasya berbalik menanyakan kabar Papa dan Mamanya Rasya,

“Oh..Baik-baik Pak sama-sama”jawab kedua orang tua Rasya sambil bersalaman

“Perkenalkan ini anak saya Dhika Rizki Pratama” Dhika pun bersalaman dengan calon mertuanya itu.

“Oh..nak Dhika sudah tumbuh menjadi anak laki-laki yang tampan dan gagah yah..Persis seperti bapaknya!!!” Papa Rasya memuji Dhika

“Pa Rudi..Pa Rudi tetap tidak berubah selalu pandai memuji orang…”

“Terima kasih..Om” jawab Dhika pula sambil tersipu malu

“Nak Dhika ,masih ingat sama anak Tante dulu waktu kecil kalian suka bermain sama-sama, biasanya kamu manggil dia Rara kan, terus Tante.. dengar kalian bersekolah ditempat yang sama ya.. ”

“Oh..ya Tante !!! kok Dhika nggak tau ya..” Dhika merasa tidak pernah tau akan hal itu.

“Anak Papa berlagak nggak tau.. , Oh..ya Rara mana saya bawa sesuatu buat dia??” Papa Dhika menyindir anaknya sambil menanyakan keberadaan Rasya. Dhika hanya berpura-pura senyum saja dihadapan Papanya itu karena sebenarnya dia tidak tau sama sekali bahwa calon istrinya memang bersekolah di tempat yang sama dengannya .

“Oh..Rara masih diatas dikamarnya, biar saya panggilkan” Mama Rasya memanggil Rasya setelah mempersilahkan Dhika dan Papanya duduk

tok..tok..

“Sya ..sudah selesai belum calon suami kamu udah nunggu tuh dibawah ,dia tampan dan gagah banget lohh…” Mama Rasya menyuruh anaknya keluar

sambil terus memuji calon menantunya itu.

“Iya..iya biarin aja dia nunggu emangnya enak!!”

“Rasya nggak boleh ngomong gitu..cepetan Mama tunggudi bawah” Mama Rasya pun turun ke bawah

“Loh ..Bu Lala..Raranya mana??” Papa Dhika merasa aneh Mama Rasya tidak turun bersama Rasya

“Oh..sebentar lagi Pak.., Dhika sabar ya..”

“Nggak apa-apa kok Tante, namanya juga cewek dandannya pasti lama”

Lalu tak lama kemudian Rasya keluar dari kamarnya dan berjalan menuju anak tangga dengan anggun dan terlihat sangat cantik. Gaun hitam yang dipakainya pun senada dengan kulit putihnya,rambut yang biasanya dia ikat pun tergerai dengan indah. Saat turun Rasya tidak percaya bahwa calon suaminya itu adalah enemynya di sekolah, begitu pula mata Dhika terbelalak melihat sosok calon istrinya itu enemynya disekolah tetapi yang lebih membuatnya kaget dan syok, Rasya berdandan sangat cantik malam itu. Ketika mereka berhadapan

“HAHHHHH!!! Dhika?!?!?!” teriak Rasya

“APAAAA??? LOE Rasya?!?!?!” teriak Dhika pula

“Ma-Pa nggak salah Rasya mau di jodohin sama dia” Rasya bertanya pada Papa dan Mamanya sambil nunjuk-nunjuk kearah Dhika

“Rasya, kamu jangan bikin malu Papa yahhh..” bisik Papa Rasya yang merasa malu

“Tapi..tapi..???”

“Ada apa Rara ?? kaget yahh..udah lama nggak ketemu sama Om sama Dhika” tanya Papa Dhika

“Ohh..heh.heh ..iiiii..iya Om Rasya eh Rara kaget banget”

“Rara ini anak Om Dhika kamu masih ingatkan??? dulu kalian suka main sama-sama”Papa Dhika memperkenalkan anaknya pada Rasya

Rasya pun mulai bersikap tenang supaya Papanya nggak marah lagi “Oh..ya Om ,Dhika masih inget sama Rara kan” Rasya mengulurkan tangannya dengan sangat terpaksa untuk mengajak Dhika bersalaman

Dhika terlihat tidak mau mengulurkan tangannya lalu Papanya pun membujuknya “Ka,itu calon istri kamu mau salaman ulurin dong tangan kamu”

“Pa..Dhika nggak mau megang tangan dia”bisik Dhika

“DHIKA” sentak Papanya

“Iya..iya Dhika MASIH INGEEEEET BANGET SAMA KAMU RARA” akhirnya Dhika mengulurkan tangannya juga dengan nada suara yang jengkel Dhika menjawab pertanyaan calon istrinya itu, Setelah bersalaman Rasya dan Dhika mengelap masing-masing tangan mereka karena menurut mereka ,tangan mereka sudah dipegang oleh orang yang mereka benci. Lalu Rasya dan Dhika pun makan malam sekeluarga Dhika duduk tepat di sebelah Rasya

“Dhika sama Rasya memang pasangan yang serasi, betul bukan Pak Rudi-Bu Lala” Papa Dhika mulai memuji Dhika anaknya yang terlihat sangat serasi dengan Rasya.

“Om.. bisa saja bikin kita geer aja,ya kan Dhika” jawab Rasya sambil menginjak kaki Dhika

“Auww..heh.heh ya Papa bikin Dhika sama Rara malu aja Ya..Ya..” Dhika membalas menginjak Rasya

“Aduh..Dhika sakiiit…” bisik Rasya kepada Dhika

“Kita impaskan Sya” bisik Dhika membalas perkataan Rasya

“Ra..Ka kenapa kalian ini ???” tanya Mama Rasya yang aneh melihat tingkahlaku anaknya beserta calon menantunya itu.

“Ah..nggak kok Ma__ Rasya eh..Rara mau ngajak Dhika liat-liat rumah, bolehkan Pa-Ma_Om “

“Oh..silahkan-silahkan calon menantu Om.. memang perhatian sama calon suaminya “Papa Dhika merasa beruntung mendapatkan calon menantu seperti Rasya

“Ma..makasih Om,Dhika AyoOoO..!!!” Rasya langsung menarik tangan Dhika dan membawanya ke teras belakang dekat kolam renang.

“Eh..Sya lepasin tangan gue lama-lama gue bisa kena penyakit Rabies nih..dipegang-pegang sama loe!!!” Dhika maksa Rasya ngelepasin tangannya

“Ih..siapa juga yang mau pegang tangan loe.. kalo nggak kepaksa najis deh gue .”Rasya pun akhirnya melepaskan tangan Dhika

“Sya..kok loe nggak bilang kalo elo tuh.. Rara???” bentak Dhika

“Eh..mana gue tau, kan Papa loe yang pertama manggil gue Rara gue aja baru tau kalo gue punya nama kecil Rara”

“Terus loe kenapa nggak bilang kalo kita bakal dijodohin kaya gini??”

“Dasar cowok nyebelin, gue juga nggak tau kalo gue bakal di jodohin sama loe yang gue tau calon suami gue sekolah di sekolah gue juga..YEyyyy”

“Eh..asal loe tau gue udah punya cewek dan cewek itu jelas lebih cantik dari loe tau”

“Gue nggak bego Dhika ,cewek loe itu Lisa Kan??? Lagian juga asal loe tau gue nggak pernah mau nikah sama cowok nyebelin dan jutek kaya loe” bentak Rasya

“Siapa juga yang mau sama cewek jelek kaya loe, hah” bentak Dhika pula

“Oke..kalo gitu loe sama gue sama-sama nggak setuju, kalo gitu kita harus buat perjanjian kalo selama kita belum nikah kita nggak boleh cerita tentang masalah perjodohan ini sama orang lain meskipun sama temen deket atau pacar kita masing-masing .., Deal” Rasya meminta Dhika menyetujui perjanjian yang di buat olehnya

“Boleh tapi gue juga punya persyaratan, selama ada Bokap dan Nyokap kita berdua, kita harus keliatan mesra dan Yang kedua kalo kita lagi suka atau jatuh cinta sama cewek atau cowok yang kita suka, kita berdua nggak boleh mencampuri urusan masing-masing, gimana??? DEAL”

“Oke..nggak masalah” Rasya dan Dhika pun berjabat tangan artinya mereka berdua setuju dengan perjanjian yang mereka buat bersama itu .

Tak lama kemudian Papa-Mama Rasya dan Papanya Dhika datang mengahmpiri mereka berdua,

“Aduh anak Papa ngomongnya serius amat sama calon menantu Papa,ngomongin apaan sihhh???” Papa Dhika langsung menyindir mereka berdua

“Ah..Om kita nggak  ngomingin apa-apa kok,Ya kan Dhika ??” Rasya menjawab pertanyaan Papanya Dhika sambil menginjak kaki Dhika

“Auww…i..i..iya kok Pa Dhika nggak ngomongin apa-apa” Dhika pun membalas jawaban Rasya

“Oh..ya sudah Dhika besok bisakan ngaterin Rasya eh..maksud Tante Rara kesekolah kan kalian sesekolah, soalnya Tante suka takut kalo Rara nyupir sendiri” Mama Rasya langsung meminta calon menantunya itu mengantarkan anaknya kesekolah

“Mama ngapain sih ng..nggak usah kok Om Rara bisa berangkat sendiri” Rasya langsung menolak permintaan Mamanya itu.

“Ah..nggak apa-apa kok Rara, Dhika pasti senang sekali nganterin kamu besok kesekolah, betul bukan Dhika” Papa Dhika menjawab permintaan Mama Rasya sambil membujuk anaknya

“HUH !!..Papa !!!! ehmm..Ya..udah deh Dhika besok jemput Rara jam setengah tujuh”

“Nah…gitu dong itu baru anak Papa”

“Oh ..Pak Rudi,Bu lala ,Rara ..! kami pulang dulu kelihatannya sudah larut malam”

“Iya__Om-Tante Dhika pamit pulang dulu supaya besok nggak kesiangan biar bisa jemput Rara__selamat malam Tante-Om Dhika sama Papa Pamit pulang” sambil berjalan menuju mobilnya Dhika dan Ayahnya Pamitan pulang.

“Ah__udah Ma-Pa Rasya ke kamar dulu udah capek!!”Keluh Rasya Karena merasa sangat kelelahan.

“Ya..sudah anak Mama cepat tidur supaya besok nggak kesiangan__Kasihan Dhika nanti nunggu kamu kelamaan.” Jawab Mamanya.

*****

Keesokan harinya__________

tepat pukul 06.30 pagi, Rasya sudah selesai sarapan dan memakai seragam sekolahnya tetapi hari itu Rasya berpakaian lain dari biasanya, Rasya terlihat berpakaian sangat Dewasa____

Rambutnya yang biasa terikat Pagi itu tergerai dengan indahnya,Lalu Kacamata berbingkai putih miliknya pun tidak dipakai, Rasya menggantinya dengan Kontak Lensa berwarna coklat.Penampilan barunya itu atas perintah dari Mamanya agar Dhika tertarik pada Rasya.

Pagi itu Rasya sudah datang di depan rumah Rasya..didalam mobilnya..

“Rasya cepat pakai sepatumu kasihan Dhika menunggu lama.” Perintah Mama Rasya.

“Iya Ma..tunggu sebentar!!!”

Tak lama kemudian Rasya pun ada tepat dihadapan Mamamya sesuai dengan penampilan sesuai dengan perintah Mamanya.

“Nah..ini baru anak Mama_____Cantik sekali!!”

“Iya deh..Mama Rasya pamit dulu pergi kesekolah!!”

Rasya pun mulai berjalan mendekati Mobil Calon suaminya Dhika. Sesampainya di pintu mobil Rasya mengetuk pintu mobil Dhika ketika Dhika sedang asyik mendengarkan musik di Mobilnya.

Tok_____Tok___Tok__

“Hallow__ada orang didalam ???Dhika buka Pintunya gue mau masuk!!!”

“Apa?? Buka aja sendiri ngggak di kunci kok!! Manja Amat sih!!” jawab Dhika kesal

Rasya pun menbuka pintu mobil ltu dan kemudian duduk

“Loe Lama Amat sih!! Ngapain aja?? Bisa-Bisa kita teeeeee_______laaat t__a__u!!!” Seketika mata Dhika terbelalak melihat orang yang duduk tepat di sebelahnya, Dhika kaget melihat penampilan Rasya yang berubah .

“Eh___Eh__Loe__Loe___Rasya Kan??????” Dhika bertanya pada Rasya dengan tatapan heran.

“Ya____iYaLah___ini gue Rasya___Loe kira gue siapa ??” pelotot Rasya

“Ngg___ngg___gak Kok???” tanpa sadar Dhika terus memandangi Rasya,”Hmm____gila!!! Cantik banget ni cewek” gumamnya dalam hati

“ Ngapain loe ngeliatin gue??? Loe Naksir ya__ sama gue???” Rasya membangunkan pandangan Dhika

“Yee___Siapa juga yang Naksir sama loe!! Gr amat!!! Denger ya…Walaupun loe mau dandan kaya gimana juga..tetep aja loe ga bisa nandingin kecantikan cewek gue Lisa  !!”

“Eh___sorry ya gue juga tau diri!! Walaupun loe cowok terakhir yang ada di dunia ini___gue nggak akan pernah suka sama loe!!! Catet itu!!!” jawab Rasya kesal.

“Udah___males gue ngeladenin celotehan loe!!” Akhirnya Dhika pun menekan pedal gas dan berangkat sekolah.

Sepanjang perjalanan kadang Dhika sesekali menolehkan pandangannya ke Rasya.

Di tengah perjalanan menuju sekolah tiba-tiba Dhika memberhentikan mobilnya..

“Loh..kok berhenti disini sih..!?!?! Sekolahkan masih beberapa meter dari sini!!!” Celetuk Rasya

“Loe Bego atau Idiot sih?? Ya iyalah gue berhenti disini !!! Emang gue..seorang Dhika mau dateng bareng kesekolah sama Enemynya sendiri..Hah!!!”

“Ih..ni cowok lama-lama nyebelin banget sih..Kalo dia bukan anak Om Harry udah gue tabok kali?!?!”pikir Rasya,

“Enak aja loe ngatain gue Idiot !!! Loe tu yang idiot!!! emang gue mau berangkat sekolah sama loe Hah!! Kalo ga di paksa ama nyokap,gue juga ga mau!!”

“ Dasar cewek Gila!! Ga tau terimakasih”pikir Dhika

“Cepet loe turun !! Lagian Cewek gue pasti lagi nungguin di pintu gerbang sekolah!!! Udah keluar sana..”

“ Iya..Iya ga usah di suruh juga gue emang mau keluar kali !!!!

Tanpa pikir panjang lagi Rasya keluar dari mobil Dhika sambil membantingkan pintu mobil. Dhika  pun kembali menekan pedal gas dan pergi meninggalkan Rasya.

“Awas loe Dhika…gue bakal bales perbuatan loe hari ini sama gue!!!” pikir Rasya geram.

Rasya pun terpaksa berjalan beberapa meter sebelum sampai sekolah,

“Eh..Pa___Pa__tunggu Pa!!!! jangan ditutup dulu Rasya belum masuk”

0

BUDIDAYA TANAMAN KENTANG

Posted by inaw09 on 26 June 2010 in Academic |

BUDIDAYA TANAMAN KENTANG

Makalah ini diajukan untuk memenuhi tugas responsi Bahasa Indonesia

Disusun oleh :

Mansyur Tri Widodo                (A34090037)

Hanifah Nur’aeni Suteja            (A34090060)

Meyta Pratiwi                           (A34090089)

Ina Winiastuti Hutriani   (A44090091)

Tahap Persiapan Bersama

Institut Pertanian Bogor

2010

KATA PENGANTAR

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Yang Maha Pemberi Rahmat karena atas kehendak-Nya juga karya ilmiah ini dapat selesai. Karya ilmiah yang berjudul Budidaya Tanaman Kentang ini disusun dalam rangka melengkapi nilai tugas responsi mata kuliah Bahasa Indonesia.

Kami menyadari  bahwa dalam menyusun makalah ini banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak maka kami ucapkan terima kasih kepada:

  1. Ibu Yeni Apriliani sebagai Dosen responsi mata kuliah Bahasa Indonesia yang telah memberi bimbingan dalam menyusun karya ilmiah ini.
  2. Teman-teman yang telah banyak memberi masukan serta saran-saran yang membangun.
  3. Semua pihak yang telah membantu hingga selesainya penyusunan karya ilmiah ini.

Kami  menyadari bahwa karya ilmiah ini masih sangat jauh dari kesempurnaannya. Oleh karena itu, penulis meminta maaf yang setulus-tulusnya atas kekurangan yang terdapat pada karya tulis ini. Kami mengharapkan kritikan, masukan, dan saran yang membangun dari berbagai pihak.

Semoga karya ilmiah ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat dalam perkembangan ilmu pertanian.

Bogor, 4 Juni 2010

Penyusun

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR……………………………………………………………………………….. i
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………………………… ii
BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………………………….1
1.1 Latar Belakang …………………………………………………………………………………….1
1.2 Rumusan Masalah…………………………………………………………………………………1
1.3 Tujuan ………………………………………………………………………………………………..1
BAB II TEKNIK BUDIDAYA TANAMAN KENTANG ……………………………. 2
2.1 Pedoman teknik budidaya tanaman kentang ……………………………………………2

2.1.1 Pembibitan ……………………………………………………………………………………… 2

2.1.2. Pengolahan media tanam …………………………………………………………………. 2

2.1.3. Teknik Penanaman …………………………………………………………………………. 2

2.1.4. Pemeliharaan Tanaman …………………………………………………………………… 3

BAB III HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN KENTANG……………………… 4

3.1 Hama ……………………………………………………………………………………………….. 4

3.2 Penyakit Tanaman …………………………………………………………………………….. 4

BAB IV ANALISIS EKONOMI BUDIDAYA TANAMAN KENTANG …….. 5

4.1. Analisis Usaha Budidaya …………………………………………………………………… 6

4.2. Gambaran Peluang Agribisnis ……………………………………………………………. 6

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN …………………………………………………….. 7

5.1 Kesimpulan ………………………………………………………………………………………. 7

5.2 Saran ……………………………………………………………………………………………….. 7

DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………………… 8

BAB I PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Kentang merupakan tanaman dikotil yang bersifat semusim karena hanya satu kali berproduksi setelah itu mati, berumur pendek antara 90-180 hari.
, dan berbentuk semak/herba. Batangnya yang berada di atas permukaan tanah ada yang berwarna hijau, kemerah-merahan, atau ungu tua. Akan tetapi, warna batang ini juga dipengaruhi oleh umur tanaman dan keadaan lingkungan. Pada kesuburan tanah yang lebih baik atau lebih kering, biasanya warna batang tanaman yang lebih tua akan lebih menyolok. Bagian bawah batangnya bisa berkayu. Sedangkan batang tanaman muda tidak berkayu sehingga tidak terlalu kuat dan mudah roboh.

Tanaman ini berasal dari daerah subtropis di Eropa yang masuk ke Indonesia pada saat bangsa Eropa memasuki Indonesia di sekitar abad ke 17 atau 18.
Pusat tanaman kentang utama di Indonesia adalah Lembang dan Pangalengan (Jawa Barat), Magelang (Jawa Timur), Bali. Di Indonesia kentang sangat digemari hampir semua orang. Bahkan di beberapa daerah, ada yang menjadikannya makanan pokok. Selain itu, kentang juga banyak mengandung vitamin B, vitamin C, dan sejumlah vitamin A. Sebagai sumber karbohidrat yang penting, kentang masih dianggap sebagai sayuran yang mewah. Karya ilmiah ini mencoba membahas tentang teknik budidaya tanaman kentang di Indonesia.

2.1  Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian diatas dapat dirumuskan beberapa permasalahan sebagai berikut:

  1. Bagaimana teknik budidaya tanaman kentang sebagai tanaman pangan?
  2. Bagaimana cara pengendalian hama dan penyakit pada tanaman kentang?
  3. Bagaimana analisis ekonomi untuk budidaya tanaman kentang?

3.1  Tujuan

Memberi pengetahuan mengenai teknik budidaya kentang yang baik untuk meningkatkan produksi kentang nasional Indonesia secara kuantitas, kualitas dan tetap berdasarkan kelestarian lingkungan.

BAB II TEKNIK BUDIDAYA TANAMAN KENTANG

2.1 Pedoman teknik budidaya tanaman kentang

2.1.1 Pembibitan

Bibit Tanaman kentang dapat berasal dari umbi. Umbi bibit berasal dari umbi produksi berbobot 30-50 gram. Pilih umbi yang cukup tua antara 150-180 hari, umur tergantung varietas, tidak cacat, umbi baik, varitas unggul. Umbi disimpan di dalam rak/peti di gudang dengan sirkulasi udara yang baik (kelembaban 80-95%). Lama penyimpanan 6-7 bulan pada suhu rendah dan 5-6 bulan pada suhu 25 derajat C. Gunakan umbi yang akan digunakan sebagai bibit hanya sampai generasi keempat saja. Setelah bertunas sekitar 2 cm, umbi siap ditanam. Bila bibit diusahakan dengan membeli, (usahakan bibit yang kita beli bersertifikat), berat antara 30-45 gram dengan 3-5 mata tunas.

2.1.2. Pengolahan media tanam

Lahan dibajak sedalam 30-40 cm sampai gembur benar supaya perkembangan akar dan pembesaran umbi berlangsung optimal. Kemudian tanah dibiarkan selama 2 minggu sebelum dibuat bedengan. Pada lahan datar, sebaiknya dibuat bedengan memanjang ke arah Barat-Timur agar memperoleh sinar matahari secara optimal, sedang pada lahan berbukit arah bedengan dibuat tegak lurus kimiringan tanah untuk mencegah erosi. Lebar bedengan 70 cm (1 jalur tanaman)/140 cm (2 jalur tanaman), tinggi 30 cm dan jarak antar bedengan 30 cm. Lebar dan jarak antar bedengan dapat diubah sesuai dengan varietas kentang yang ditanam. Di sekeliling petak bedengan dibuat saluran pembuangan air sedalam 50 cm dan lebar 50 cm.

2.1.3. Teknik Penanaman

  • Pemupukan Dasar

a)     Pupuk dasar organik berupa kotoran ayam 10 ton/ha, kotoran kambing sebanyak 15 ton/ha atau kotoran sapi 20 ton/ha diberikan pada permukaan bedengan kurang lebih seminggu sebelum tanam, dicampur pada tanah bedengan atau diberikan pada lubang tanam.

b)     Pupuk anorganik berupa SP-36=400kg/ha.

  • Cara Penanaman

Bibit yang diperlukan jika memakai jarak tanam 70 x 30 cm adalah 1.300-1.700 kg/ha dengan anggapan umbi bibit berbobot sekitar 30-45 gram.
Jarak tanaman tergantung varietas. Dimanat dan LCB 80 x 40 sedangkan varietas lain 70 x 30 cm.Waktu tanam yang tepat adalah diakhir musim hujan pada bulan April-Juni, jika lahan memiliki irigasi yang baik/sumber air kentang dapat ditanam dimusim kemarau. Jangan menanam dimusim hujan. Penanaman dilakukan dipagi/sore hari.
Lubang tanam dibuat dengan kedalaman 8-10 cm. Bibit dimasukkan ke lubang tanam, ditimbun dengan tanah dan tekan tanah di sekitar umbi. Bibit akan tumbuh sekitar 10-14 hst. Mulsa jerami perlu dihamparkan di bedengan jika kentang ditanam di dataran medium.

2.1.4. Pemeliharaan Tanaman

  • Penyulaman

Penyulaman dilakukan dengan cara mencabut tanaman yang mati/kurang baik tumbuhnya dan ganti dengan tanaman baru pada lubang yang sama. Penyulaman dapat dilakukan setelah tanaman berumur 15 hari. Bibit sulaman merupakan bibit cadangan yang telah disiapkan bersamaan dengan bibit produksi.

  • Pemupukan

Selain pupuk organik, maka pemberian pupuk anorganik juga sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Pupuk yang biasa diberikan Urea dengan dosis 330 kg/ha, TSP dengan dosis 400 kg/ha sedangkan KCl 200 kg/ha. Secara keseluruhan pemberian pupuk organik dan anorganik adalah sebagai berikut:
Pupuk kandang: saat tanam 15.000-20.000 kg.
Pupuk anorganik
Urea/ZA: 21 hari setelah tanam 165/350 kg dan 45 hari setelah tanam 165/365 kg.
SP-36: saat tanam 400 kg.
KCl: 21 hari setelah tanam 100 kg dan 45 hari setelah tanam 100 kg.
Pupuk cair: 7-10 hari sekali dengan dosis sesuai anjuran.
Pupuk anorganik diberikan ke dalam lubang pada jarak 10 cm dari batang tanaman kentang.

  • Pengairan

Tanaman kentang sangat peka terhadap kekurangan air. Pemberian air yang cukup membantu menstabilkan kelembaban tanah sebagai pelarut pupuk. Selang waktu 7 hari sekali secara rutin sudah cukup untuk tanaman kentang. Pengairan dilakukan dengan cara disiram dengan gembor/embrat/dengan mengairi selokan sampai areal lembab (sekitar 15-20 menit).

BAB III HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN KENTANG

3.1 Hama

a)      Ulat grayak (Spodoptera litura)
Gejala: ulat menyerang daun hingga habis daunnya. Pengendalian: (1) memangkas daun yang telah ditempeli telur; (2) penyemprotan Natural Vitura dan sanitasi lingkungan.

b)      Kutu daun (Aphis sp)
Gejala: kutu daun menghisap cairan dan menginfeksi tanaman, juga dapat menularkan virus. Pengendalian: memotong dan membakar daun yang terinfeksi, serta penyemprotan Pestona atau BVR.

c)      Orong-orong (Gryllotalpa sp)
Gejala: menyerang umbi di kebun, akar, tunas muda dan tanaman muda. Pengendalian: Pengocoran Pestona.

d) Hama penggerek umbi (Phtorimae poerculella zael)
Gejala: daun berwarna merah tua dan terlihat jalinan seperti benang berwarna kelabu yang merupakan materi pembungkus ulat. Pengendalian : Pengocoran Pestona.

e)      Hama trip ( Thrips tabaci )
Gejala: pada daun terdapat bercak-bercak berwarna putih, berubah menjadi abu-abu perak dan mengering. Pengendalian: (1) memangkas bagian daun yang terserang; (2) mengunakan Pestona atau BVR.

3.2 Penyakit Tanaman

a)      Penyakit busuk daun
Penyebab: jamur Phytopthora infestans. Gejala: timbul bercak-bercak kecil berwarna hijau kelabu dan agak basah hingga warnanya berubah menjadi coklat sampai hitam dengan bagian tepi berwarna putih yang merupakan sporangium dan daun membusuk/mati. Pengendalian: sanitasi kebun. Pencegahan dengan penggunaan Natural Glio pada sebelum atau awal tanam.

b)      Penyakit layu bakteri
Penyebab: bakteri Pseudomonas solanacearum. Gejala: beberapa daun muda pada pucuk tanaman layu dan daun tua, daun bagian bawah menguning. Pengendalian: sanitasi kebun, pergiliran tanaman. Pencegahan dengan penggunaan Natural Glio pada sebelum atau awal tanam.

c)      Penyakit busuk umbi
Penyebab: jamur Colleotrichum coccodes. Gejala: daun menguning dan menggulung, lalu layu dan kering. Bagian tanaman yang berada dalam tanah terdapat bercak-bercak berwarna coklat. Infeksi akan menyebabkan akar dan umbi muda busuk. Pengendalian: pergiliran tanaman , sanitasi kebun dan penggunaan bibit yang baik. Pencegahan dengan penggunaan Natural Glio pada sebelum atau awal tanam

d)      Penyakit fusarium
Penyebab: jamur Fusarium sp. Gejala: busuk umbi yang menyebabkan tanaman layu. Penyakit ini juga menyerang kentang di gudang penyimpanan. Infeksi masuk melalui luka-luka yang disebabkan nematoda/faktor mekanis. Pengendalian: menghindari terjadinya luka pada saat penyiangan dan pendangiran. Pencegahan dengan penggunaan Natural Glio pada sebelum atau awal tanam.

e)      Penyakit bercak kering (Early Blight)
Penyebab: jamur Alternaria solani. Jamur hidup disisa tanaman sakit dan berkembang di daerah kering. Gejala: daun berbercak kecil tersebar tidak teratur, warna coklat tua, meluas ke daun muda. Permukaan kulit umbi berbercak gelap tidak beraturan, kering, berkerut dan keras. Pengendalian: pergiliran tanaman. Pencegahan : Natural Glio sebelum/awal tanam.

f)        Penyakit karena virus
Virus yang menyerang adalah: (1) Potato Leaf Roll Virus (PLRV) menyebabkan daun menggulung; (2) Potato Virus X (PVX) menyebabkan mosaik laten pada daun; (3) Potato Virus Y (PVY) menyebabkan mosaik atau nekrosis lokal; (4) Potato Virus A (PVA) menyebabkan mosaik lunak; (5) Potato Virus M (PVM) menyebabkan mosaik menggulung; (6) Potato Virus S (PVS) menyebabkan mosaik lemas. Gejala: akibat serangan, tanaman tumbuh kerdil, lurus dan pucat dengan umbi kecil-kecil/tidak menghasilkan sama sekali; daun menguning dan jaringan mati. Pengendalian: tidak ada pestisida untuk mengendalikan virus, pencegahan dan pengendalian dilakukan dengan menanam bibit bebas virus, membersihkan peralatan, memangkas dan membakar tanaman sakit, mengendalikan vektor dengan Pestona atau BVR dan melakukan pergiliran tanaman.

BAB IV ANALISIS EKONOMI BUDIDAYA TANAMAN KENTANG

4.1. Analisis Usaha Budidaya
Biaya produksi 1 hektar kentang Granola adalah Rp. 15.500.000,-.      Keuntungan dari satu periode tanam adalah sekitar Rp. 5.100.000,-Perkiraan biaya produksi dan keuntungan budidaya 1 hektar kentang untuk satu musim tanam (6 bulan).

4.2. Gambaran Peluang Agribisnis
Di awal krisis ekonomi harga komoditi kentang meningkat sampai lebih dari dua kalinya. Saat ini ketika harga komoditi hortikultur lainnya seperti bawang daun dan cabe menurun drastis, harga kentang di pasaran relatif masih sangat baik. Kentang adalah salah satu komoditi hortikultura yang harganya relatif stabil dan tidak terlalu tergantung musim. Harga yang stabil ini lebih menjamin masa depan agribisnis kentang daripada komoditi hortikultura lainnya. Walaupun Indonesia sudah mengekspor kentang ke Malaysia melalui Brastagi, peluang ekspor ke negara lainnya harus diambil.

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

5.1. Kesimpulan

Teknik budidaya tanaman kentang yang baik terdiri dari pembibitan, pengolahan media tanam, teknik penanaman,dan pemeliharaan tanaman. Kuantitas dan kualitas tanaman kentang akan semakin baik dengan teknik pembudidayaan yang benar dengan tetap menjaga kelestarian alam.

5.2. Saran

Pembudidayaan Kentang saat ini memiliki peluang yang sangat besar dalam dunia agribisnis. Oleh karena itu kami harap teman-teman kami ,mahasiswa yang cinta akan petanian indonesia di harapkan dapat memberikan kontribusi yang besar dalam pembudidayaan tanaman kentang ini.

DAFTAR PUSTAKA

Anonim.2010.Budidaya Kentang (terhubung berkala)www.iptek.net.id

[30Mei2010]

Parabowo, Abror Yudi.2007.Budidaya Kentang(terhubung berkala)

http://teknis-budidaya.blogspot.com/2007/10/budidaya-kentang.html

[30Mei 2010]

Samadi, Budi. 1997. Usaha Tani Kentang. Kanisius:Yogyakarta.

Bonus Trubus. 1998. Analisis Komoditas Kebal Resesi.Kanisius:Yogyakarta

0

SAHABATKU GALANG

Posted by inaw09 on 26 June 2010 in Cerpen |

Aku sudah berteman dengan Galang sejak kelas 3 SD. Waktu itu, aku adalah murid baru pindahan dari Jakarta. Galang lah teman sekaligus orang pertama yang aku kenal dikota ini. Sekarang, aku dan Galang sudah duduk di kelas 2 IPA salah satu SMA Negeri di Bandung. Menurut ukuran standar semua orang, kami adalah sepasang sahabat karib yang sulit untuk dipisahkan. Walaupun kami berbeda kelas, persahabatan aku dan Galang selama di SMA ini pun berjalan baik. Kami pun masih sering makan siang, mengerjakan PR bahkan pulang sekolah bersama.

Menurutku, buat semua orang kehilangan seorang sahabat karib itu sangat menyedihkan, tapi terlebih lagi buatku. Aku takut kehilangan Galang sahabatku karena aku takut bila dia sudah memiliki seseorang yang dicintainya nanti, dia akan meninggalkanku. Aku sudah sering membicarakan hal ini dengan Galang, dia hanya meyakinkan aku bahwa dirinya tidak akan pernah meninggalkanku, bila dia mempunyai seseorang yang dicintainya nanti. Plus katanya selalu, kami adalah sahabat yang sudah saling memiliki dan tidak bisa dipisahkan dengan cara apapun.

Namun semua itu pun mulai berubah, sejak kedatangan seorang murid pindahan baru di kelas Galang yang bernama Lisa. Lisa memang wanita yang cantik maka tak heran banyak laki-laki yang suka padanya termasuk Galang.

Sudah sebulan sejak kedatangan Lisa, Galang jarang pulang sekolah bersamaku. Bahkan untuk sekedar makan siang bersama pun Galang tidak bisa selalu ada 1001 alasan yang diberikannya. Sikapnya padaku pun mulai berubah, dia sering mengacuhkanku bahkan tidak menyapaku bila sedang didekat Lisa. Padahal sebelum ada Lisa, Galang tak pernah sekali pun mengacuhkanku. Aku  mulai merasa heran dengan tingkah laku dan sikap Galang yang berubah selama sebulan ini padaku .

Karena aku cemas dengan perubahannya ini, aku pun mencoba menghubungi Handphonenya untuk menanyakan hal ini, namun selalu di Reject. Rasa penasaranku membawaku pergi ke rumah Galang, kali ini aku dapat menemuinya. Saat ku tanyakan soal perubahan sikapnya, Galang hanya menjawab bahwa dirinya sedang sibuk dengan tugas sekolahnya akhir-akhir ini. Aku  maklumi jawabannya itu, tapi entah kenapa aku merasa kali ini Galang membohongiku, tiba-tiba saja sederet kata terucap dari mulutku “ Kau berbohong Galang!!! Aku bisa melihatnya dari tatapanmu, apa semua ini gara-gara wanita itu??? Lisa?? Jawab Galang…Jawab!! Aku ini kan sahabatmu??” dia hanya terdiam namun seketika aku melihat raut wajah Galang berubah. Galang pun menjawab “ KALAU IYA..!!! MEMANGNYA KENAPA??? INI BUKAN URUSANMU.. JANGAN GANGGU AKU LAGI!!!! AKU SUDAH BOSAN BERSAHABAT DENGANMU”. Kemudian dia pun meninggalkanku tanpa berkata apa-apa lagi, aku tersentak kaget dan terdiam kaku melihat Galang marah dan berkata sekasar itu padaku. Air mata pun mulai terasa mengalir di pipiku. Aku tak menyangka Galang sahabat karibku sejak kecil akan melakukan hal seperti ini padaku, yang lebih menyakitkannya lagi sekarang Galang tak mau lagi berteman denganku.

Aku menyesalimu Galang, kau telah meninggalkanku hanya kerena seorang wanita yang baru kau kenal. Kadang aku masih melayang mengingat kenangan dirimu dan kebersamaan kita dulu. Aku merana selama beberapa hari di sekolah. Untungnya, aku memiliki beberapa teman lain yang baik dan mau menghiburku walaupun tidak sedekat persahabatanku dengan Galang dulu. Ketika akhirnya aku bisa berhenti menangis, aku melihat Galang  datang ke sekolah dengan luka-luka memar diwajahnya. Karena merasa penasaran aku memberanikan diri mengikutinya, dia langsung menuju kelas dan duduk terdiam di bangkunya sambil menundukan kepala. Akupun mulai melihat air mata setetes demi tetes jatuh ke atas mejanya. Entah karena alasan apa, aku tau Galang sedang memiliki masalah sekarang. Aku ingat dulu bila aku memiliki masalah, Galang selalu menghibur dan menyemangatiku.

Ketika aku mencoba bertanya pada salah satu temannya, aku tersentak kaget dan tak percaya mendengar penjelasan teman Galang itu.  Kabarnya tadi malam saat Galang pergi bersama Lisa kesebuah toko swalayan, mereka bertemu dengan seorang laki-laki yang tiba-tiba langsung memukul wajah Galang dan merebut Lisa dari sisi Galang, laki-laki itu  marah dan memaki-maki Galang yang telah berani merebut kekasihnya. Sontak Galang kaget dan langsung menanyakan hal tersebut pada Lisa, Lisa menjawab sambil meminta maaf pada Galang dan berkata bahwa laki-laki yang memukul Galang itu  memang kekasihnya, dan yang lebih menyakitkan lagi Lisa berkata bahwa dirinya selama ini hanya memanfaatkan kebaikan Galang saja. Galang tersentak kaget dan terdiam mendengar penjelasan yang keluar dari mulut wanita yang selama ini disukainya itu. Akhirnya laki-laki itupun membawa Lisa pergi dan meninggalkan Galang sendiri di tempat itu.

Mendengar kabar itu terlintas di benakku kejadian yang beberapa hari lalu ku alami. Tersisa pertanyaan di benakku” Apakah ini karma??”. Aku mulai merasa kasihan pada Galang, aku tau bagaimana rasanya diperlakukan seperti itu. Aku tak menyangka Galang akan mengalami hal yang beberapa hari lalu dia lakukan padaku.

Ku kumpulkan keberanianku, perlahan ku dekati dia, aku tak ingin sampai mengejutkannya. Galang pun menengadahkan wajahnya sepertinya dia tau, bahwa aku mantan sahabat karibnya datang menghampirinya. Sejenak dia menatapku, tiba-tiba Galang langsung memelukku sambil meminta maaf dan menyesali atas semua perlakuannya beberapa hari yang lalu padaku, “ Aku mohon maafkan aku?? Aku memang bodoh telah menyia-nyiakan kau, sahabat karibku sendiri. Aku mohon maafkan aku teman!!!”. Sejenak ku berpikir“apakah aku bisa memaafkan sahabat yang sudah menyakiti dan mengecewakanku??? Aku tidak mau di kecewakan untuk kedua kalinya”.

Namun aku tersadar dan teringat akan pesan nenekku dulu bahwa “Dengan memaafkan kesalahan sahabatmu, itu akan menjadikanmu seorang sahabat yang baik.”. Aku katakan padanya bahwa aku ikhlas memaafkannya asalkan dia berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Galang pun berjanji tidak akan pernah melakukan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya padaku. Aku percaya sepenuhnya pada Galang karena dia sahabatku. Dia pun melepaskan pelukannya dan memberikan jari kelingkingnya sebagai tanda minta maaf padaku. Aku dan Galang pun mengikatkan jari kelingking kami. Aku senang persahabatanku dan Galang kembali seperti dulu.

Aku pernah membaca sebuah buku, dalam buku itu dikatakan bahwa “Bila ada salah satu sahabat yang mengejar seseorang, itu adalah sebuah undangan menuju istana ketidakbahagian dan tak akan ada yang menang”. Namun ternyata buku itu salah buktinya Persahabatan aku dan Galang lah yang menang, kini tak akan ada lagi yang bisa menghalangi jalinan persahabatan kami. Saat itu lah ku sadari bahwa sebenarnya aku diciptakan Tuhan untuk senantiasa bersahabat dengannya. Dengan sahabatku Galang.

0

LAPORAN KEWIRAUSAHAAN OBSERVASI LAPANG PERMEN KARAMEL SUSU PANGALENGAN

Posted by inaw09 on 26 June 2010 in Academic |

BAB I

PENDAHULUAN

Udara kota kecamatan Pangalengan di Bandung Selatan sangat sejuk. Bandung Selatan merupakan kawasan wisata yang berpemandangan sangat indah. Kebun Teh Malabar dengan makam Boscha, pendiri Obsevatorium Boscha di Lembang, merupakan salah satu obyek wisata yang sangat terkenal. Kemudian ke arah barat ada Kebun Teh Ranca Bali, dengan Kawah Putih dan lokasi penangkaran rusa Ranca Upas. Kawasan Ciwidey saat ini juga merupakan sentra buah strobery rakyat yang sangat terkenal. Jauh di ujung timur Kebun Teh Malabar ada pembangkit listrik tenaga panas bumi. Di saat liburan atau weekend, wisatawan dari kota Bandung dan Jakarta banyak yang berdatangan ke Bandung Selatan, termasuk ke Pangalengan. Pangalengan terkenal sebagai pusat produksi susu perah di Jawa Barat, salah satu oleh-oleh khas dari pangalengan adalah permen susu karamel.

Permen karamel susu sebenarnya hanya terbuat dari susu murni yang ditambah gula dan dimasak hingga kekentalan tertentu kemudian dicetak. Di indonesia usaha permen karamel susu pertama kali dirintis di sebuah kabupaten di daerah Bandung Selatan yang bernama Pangalengan. Usaha permen karamel di Pangalengan dirintis oleh seorang wanita kelahiran 27 Agustus 1945 yang bernama Ibu Ipah Datipah Ismail pada akhir tahun 1969. Sejak tahun 1970 permen karamel susu sangat digemari masyarakat, karena apada saat itu masyarakat belum banyak mengkonsumsi susu.

  1. I. Tujuan
  • Memenuhi tugas kewirausahaan
  • Menambah pengalaman berwirausaha
  • Menambah ide untuk berinovasi dalam mengembangkan usaha
  • Memotivasi kita untuk belajar berwirausaha
  1. II. Hasil Pengamatan

Kelompok kami melakukan pengamatan terhadap salah satu usaha permen karamel susu di daerah Pangalengan, karena kebetulan salah satu anggota kami berasal dari daerah tersebut. Usaha permen karamel susu yang kami amati adalah usaha milik Ibu Ipah Datipah Ismail (60), permen karamel yang beliau produksi berlabel “TK”. Dari usaha permen ini beliau mendapatkan penghargaan Upakarti dari Pemerintah. Berdasarkan penuturan beliau pada Akhir tahun 1969 wanita kelahiran 27 Agustus 1945 ini memulai usaha pembuatan permen karamel dengan menyisihkan uang belanja harian dari suaminya, Ismail. Beliau membeli limbah susu dari beberapa peternak di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Pada waktu itu belum banyak masyarakat yang mengkonsumsi susu sapi murni sehingga banyak susu yang terbuang lalu beliau mencoba membuat permen karamel dari susu  yang tersisa dan ternyata permen produksi beliau di beli masyarakat. Seiring dengan mengalirnya pesanan permen karamel, Ibu tamatan SD Pangalengan ini memperluas penjualan permen karamelnya yang diberi label TK ke warung-warung hingga ke pasar. Susu murni tidak lagi dibelinya secara tersebar dari peternak-peternak sapi, melainkan dari Koperasi Peternak Bandung Selatan (KPBS) di Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung. Pada tahun 1985 beliau mendapat bantuan modal dari salah satu bank pemerintah, Pada tahun 1992 Ibu Ipah mendapat penghargaan Upakarti Jasa Pengabdian dari pemerintah. Upakarti tersebut diterimanya karena beliau dianggap berjasa memanfaatkan limbah susu di Kecamatan Pangalengan pada tahun 1970-an. Selain itu, industri kecil yang dirintisnya berkembang serta mampu menyerap 25 tenaga kerja.

Kini Usaha Ibu Ipah membutuhkan sedikitnya 1.000 liter susu per hari dengan harga Rp 2.000 per liter. Dalam sebulan, ia mampu memproduksi sekitar 10 ton permen karamel dan dodol susu setiap bulan.Para pelanggan merupakan pengusaha toko kecil dan menengah yang berasal dari Kabupaten dan Kota Bandung serta Kota Jakarta. Adapun, jumlah tenaga kerja yang terserap mencapai 50 orang, dengan penghasilan rata-rata tenaga kerja berkisar antara Rp 250.000-Rp 1,5 juta per bulan. Untuk mendukung kegiatan industrinya, Ibu Ipah juga memiliki dua unit kendaraan pengangkut barang. Omsetnya dalam sebulan tidak tanggung-tanggung, bisa mencapai 80-120 juta. Padahal proses pembuatannya tidak sulit-sulit amat, Cuma mebutuhkan waktu 10 jam untuk pengadukan susu dan gula hingga kental. Harga 1 kg. karamel di tingkat perajin Rp 15.000,-.

Resep Pembuatan Permen Karamel Susu khas Pengalengan

Proses pembuatan permen karamel susu dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1. Persiapan Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan caramel adalah sebagai berikut.

a. Alat

Alat-alat yang dibutuhkan:

1)      Kompor

2)      Pengaduk

3)      Wadah dan panic

4)      Pisau

5)      Wajan

b. Bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

1)      Air susu                 : 5 liter

2)      Gula pasir              : 1% – 2% dari volume susu (10g-20g gula pasir untuk tiap 1 liter susu)

3)      Essence                 : secukupnya.

2. Proses Pembuatan

berikut:

  1. Masak susu dalam wajan samil diaduk-aduk hingga kental.
  2. Tambahkan gula pasir sebanyak 1% – 2% dari volume susu atau sesuai dengan selera yang diinginkan.
  3. Proses pemasakan dilakukan terus sambil terus diaduk-aduk sampai susu menggumpal dan berubah warna menjadi kecoklat-coklatan.
  4. Angkat adonan caramel dari perapian, kemudian segera masukkan dalam wadah untuk dicetak atau dipotong-potong hingga menyerupai bentuk kembang gula.

Kami memiliki beberapa ide untuk mengembangkan usaha ini. Ide pertama adalah menambahkan essense berbagai rasa buah kedalam permen karamel, pemanbahan rasa ini akan menambah variasi rasa sehingga konsumen tidak hanya merasakan permen karamel rasa susu saja namun ada rasa pisang, jeruk, melon, mocca, pandan, kopi dan lainnya. Ide kedua adalah menambah variasi bentuk permen, selama ini permen  karamel susu hanya berbentuk kotak saja padahal bentuknya bida divariasikan menjadi bentuk boneka, bulan, bintang dan lainnya. Ide ke tiga adalah menambah variasi kemasan permen karamel tidak hanya  dari kertas tiket saja namun dapat di ganti dengan plastik yang berdesain kreatif sehingga anak-anak pun tertarik untuk memakannya.

Alasan kami memilih usaha ini adalah

  • Usaha berada dekat dengan pusat pemerahan susu sapi sehingga tidak kesulitan bahan baku produksi.
  • Usaha dapat dilakukan di rumah sebagai home industry.
  • Usaha ini memiliki prospek yang besar untuk dikembangkan didaerah lain.
  • Masih banyak ide yang  dapat dikembangkan untuk usaha ini.
  • Usaha ini proses produksinya sederhana.
  • Tidak membutuhkan tenaga kerja yang terlalu banyak.
  • Sistem usaha dan pemasaran yang terbukti berhasil.
  • Merupakan Bisnis milik sendiri.
  • Hanya membutuhkan tenaga kerja yang terampil.
  1. III. Penutup

Dari pengamatan yang kami lakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa usaha permen karamel susu memiliki peluang untuk berkembang. Namun, menurut kami, usaha ini memerlukan inovasi-inovasi baru dalam memasarkan produknya sehingga para konsumen lebih tertarik dan omset pendapatan lebih meningkat.

Daftar Pustaka

[Anonim].http://ligagame.com/lg_smf/index.php?topic=62185.60;wap2.[25 Maret 2010].

[Anonim].http://omdien.wordpress.com/2009/04/03/ipah-datipah-dan-pemanfaatan-limbah- susu/[25 Maret 2010].

[Anonim].http://foragri.blogsome.com/industri-berbahan-baku-susu/[25 Maret 2010].

Copyright © 2010-2017 InaLandscape46 All rights reserved.
This site is using the Desk Mess Mirrored theme, v2.4, from BuyNowShop.com.